Menu Melayang

Jumat, 21 Oktober 2022

Manfaat Bekam Untuk Wanita

Manfaat Bekam Untuk Wanita - Dunia medis kekinian sudah sangat maju. Namun demikian, pengobatan alternatif non medis juga kian berkembang, salah satunya adalah bekam. Bekam sendiri sudah sejak ribuan tahun ada dan sampai sekarang terus berkembang. Hal ini lantaran bekam diyakini dapat membantu mencegah atau mengobati penyakit. 

Manfaat Bekam Untuk Wanita


Tak hanya pria yang banyak menggunakan bekam, sebab manfaat bekam untuk wanita juga ternyata banyak. Tidak heran kemudian jika  banyak atlet sampai artis ternama yang baru saja melahirkan telah merasakan manfaat bekam bagi wanita.

Nah, sebelum kita bahas apa saja manfaat bekam bagi wanita, anda harus mengetahui pengertian bekam itu sendiri. Mari kita simak!

Apa itu bekam ? 

Bekam adalah bentuk pengobatan tradisional Timur Tengah dan China. Mereka telah mempraktikkan terapi bekam selama ribuan tahun pantaran diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Hingga kini, praktik bekam terus berkembang meskipun dunia medis sudah sangat maju. 

Kendati demikian, para ahli masih menyelidiki bagaimana cara kerja bekam dapat mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan gejala penyakit. 

Manfaat bekam untuk Wanita

Jika biasanya kebanyakan yang melakukan bekam adalah pria. Namun menurut sejumlah sumber, ternyata bekam juga bermanfaat untuk wanita. Daya hisap yang ditimbulkan ketika melakukan bekam dapat melebarkan dan membuka pembuluh darah kecil atau kapiler di bawah kulit.

 Ketika tubuh Anda memperlakukan area bekam seperti cedera. Ini akan mendorong lebih banyak darah ke area tersebut dan merangsang proses penyembuhan alami.

Beberapa orang berpendapat bahwa bekam membersihkan pori-pori dan melepaskan racun. selain bekam pada area tubuh,  bekam juga dapat dilakukan dikepala oleh ahli akupunktur, terapis fisik. chiropractor, terapis pijat dan dokter.

Orang-orang umumnya menggunakan bekam sebagai sarana untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan akibat kondisi tertentu. Beberapa ahli juga mengatakan bahwa bekam dapat membantu orang dengan masalah kesehatan kronis dan berkelanjutan. Yaitu dapat mengurangi gejala:

- sakit pada leher, pinggang, lutut singga sakit pada bahu

- arthritis, termasuk rheumatoid arthritis

- Gangguan pernapasan seperti asma

- sindrom terowongan karpal

- Gangguan gastrointestinal seperti irritable bowel disease (IBD), sakit kepala, dan migrain

- hipertensi (hipertensi)


Ada manfaat tambahan yang bisa dirasakan setelah bekam, antara lain:

1. Manfaat bekam untuk wanita, meningkatkan sirkulasi darah

Hisapan dari cawan bekam mengeluarkan darah beku atau darah yang mengental dan memungkinkan darah baru yang segar mengalir. Hal Ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan ketegangan otot.

2. Manfaat bekam untuk wanita, Mengurangi kecemasan dan depresi

Sistem saraf parasimpatis bekerja saat terapis bekam menggeser cangkir di atas kulit dan  mendorong relaksasi secara mendalam yang menggerakkan seluruh tubuh.

Sistem saraf parasimpatis berperan untuk memperlambat detak jantung, membantu pencernaan, dan meningkatkan aktivitas di usus dan kelenjar. Sehingga hal tersebut akan membuat ketegangan berkurang.

3. Manfaat bekam untuk wanita, Menghilangkan stretch mark dan bekas luka

Siapa sangka bekam justru akan menghilangkan strchmark.Peredaran darah yang lancar ini secara otomatis menghilangkan stretch mark dan bekas luka saat melahirkan.

 Itulah tadi manfaat bekam untuk wanita dan khasiatnya secara umum. Namun tentu perlu diketahui bahwa, manfaat bekam untuk wanita tidak menggantikan pengobatan medis. Bekam hanya salah satu metode pengobatan alternatif. Sehingga jika mengalami gejala lebih lanjut segera berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.


Blog Post

Related Post

Cari Artikel